Mas Addin dan Bambang Pamungkas

11.4.09 / oleh Arsyad Al Amin /


Beberapa minggu terakhir ini, tiap Sabtu-Minggu berlangsung acara rebutan remote tv di rumah... makin seru aja. Dik Non ngotot nyetel Idola Cilik, Mas addin teriak2 minta ganti channel ke ANTeve, mau nonton LI! Ayahnya maunya nonton acara yang Features.... Aduuh pusing deh. Tapi...eh kok anakku, Addin, tiba2 suka nonton bola? Kalo suka main bola sih pasti, kan dia cowok. Tapi kalo suka nonton sampai segitunya aneh juga, Dia baru TK B lho. Kayaknya harus ditelusuri akar permasalahannya nih...
Aku suka sepakbola dari kecil. Awalnya cuma ikut2an kakak cowokku, tapi akhirnya seneng beneran. Dan ga kayak cewek2 sekarang yang suka bola karena pemainnya yamg keren2, aku suka bola karena memang ngerti dan menikmati sekali permainan dan teknik2 pemainnya. biarpun ga ganteng tapi kalo mainnya oke ya aku suka. Oiya pertama seneng bola pas umur 10 tahun.
Inget banget waktu itu Juni 1986 pas World Cup Mexico. Dan pemain bola pertama yg kukenal adalah...JOE CARIOCA! he..he.. jgn tanya dr klub mana, negara mana, orangnya yang kayak apa...wong dia ini bukan orang kok. Joe Carioca adalah nama tokoh kartun Walt Disney. Jadi ceritanya waktu itu karena lagi demam Piala Dunia, majalah Donal Bebek kasih bonus mini book tentang kisah pemain bola yaa si Carioca itu. Mmh, merasa nama itu mirip dengan seseorang? Yup! Btull! Kurasa nama itu memang sengaja dibuat mirip dengan nama salah seorang pesepakbola Brasil yang lagi top waktu itu, CARECA. Tapi bukan Brasil yang masuk final saat itu kan... Argentina dan Jerman (Barat) yang main. Maradona happening banget saat itu. Selain karena gol spektakulernya (yang nglewatin 5 pemain itu...), ya tentu karena gol 'tangan Tuhan' pas semifinal lawan Inggris. Sedihnya...soalnya ada Gary Lineker di situ. Inget dong Lineker...pemain (kayknya sampai sekarang tetap satu2nya deh) yang ga pernah dapet kartu kuning, apalagi kartu merah dari wasit. Walah..jadi kemana-mana neeh...
Ya pokoknya gitu deh, sejak saat itu sukaaa banget nonton bola. Lokal so pasti aku bela PERSEBAYA, kan arek Suruboyo ye! Klub luar, aku ini Milanisti sejati! Kalo pemain...tak lain tak bukan...MARCO van Basten. Forever and everlah! sayangnya waktu itu kan belum ada tv swasta, jadi kalo pengen nonton bola yang diandalin cuma 2:Arena dan Juara, dan Dari Gelanggang ke Gelanggang. TVRI punya... Ya jangan berharap siaran langsung, paling cuma siaran tunda (2 minggu ke belakang) atau ya harus cukup puas dengan highlight aja (dulu istilahnya 'cuplikan pertandingan'...belum keluar tuh istilah highlight).
Naah awal 90an yang baru deh mulai era tv swasta, jadi lebih banyak kesempatan, lebih banyak pilihan untuk bisa nonton siaran langsung pertandingan bola luar. Liga Italia, Liga Inggris, Champions Cup (Champions League skarang), UEFA Cup, Cup Winners Cup, Piala Eropa, Piala Dunia. Wah senengnya... Biarpun harus begadang, hayo deh. Jaman muda dulu ya senengnya pasang2 poster, ngumpulin foto2 pemain (andalanku BOLA), etc. Pas dah mulai berumur (25 tahun kesini...) dah mulai malu nih, ga enak ma suami masa masang poster Van Basten dan Maldini terus. Ganti deh foto keluarga, foto anak2. Tapi soal nonton bola jalan terus... sambil begadang kasih ASI mas yang baru 2 bulan umurnya, ya sambil nonton Liga Champions di RCTI.
Naah ini nih ternyata akar permasalahan yang tadi aku cari. Bener ya ternyata begitu banyak ikatan emosi yang terbentuk saat seorang ibu menyusui bayinya. Makanya banyak yang bilang termasuk di literature untuk ibu2 baru, jaga betul mood saat kita menyusui. Harus dengan senang hati, ikhlas biarpun harus bolak-balik bangun tengah malam, sebisanya sambil diiringi dzikir, karena si bayi akan merekam itu semua. Dan kalau hati ibu senang, bayi juga ikut senang, hisapannya makin bersemangat...makin melimpahlah produksi ASI kita. Itu teori yang aku pahami. Tapi kalo soal menyusui sambil nonton bola trus anaknya ntar jadi suka bola...wah sama sekali ga ngerti aku. Kebetulan atau apa ya?
Pertama sih Addin cuma suka nonton Liga Indonesia karena jam tayangnya yang memungkinkan dia untuk nonton, sore tau paling malam jam 9 dah beres. lucu banget awal2 nemenin si mas nonton bola karena dia sama sekali ga paham istilah apapun, ga kenal klub satupun, ga kenal pemain bola manapun. Herannya cepat sekali dia nangkap semua 'ilmu' itu dan tanpa butuh waktu lama si mas dah mulai fasih kasih komentar ini itu. tapi Addin belum punya tim jagoan. Tim manapun asal bikin gol duluan ya itu yang akan dia dukung. Tapi kalo pemain favorit, mas punya...: BAMBANG PAMUNGKAS alias BEPE. Wah demen banget nih si mas sama pemain yang satu ini. Katanya,"Pinter bikin gol, Bu!". Oiya yang lucu waktu Mas Addin pertama kali kenal yang namanya 'Highlight'. Heran juga kok tumben ga ada komentar dari dia pas nonton highlight liga senin pagi sekitar 3 minggu y.l. Biasanya cerewet, ini cuma teriak 'whiiy!..Upps! Waah!..Goool!' gitu terus. Di akhir acara aku baru tahu sebabnya. Pas kutanya,"Bagus ya Mas acaranya?', Addin jawab gini:" Wah pertandingan ini paling huebbatt bu! Golnya banyak banget!!'. Aku bengong sejenak lalu...hua..ha..ha..jadi dari tadi Addin ga banyak komen tuh karena terkagum2 to? Iya, ternyata dia pikir highlight itu satu pertandingan! Jelas aja dia heran, kok bisa di satu pertandingan bisa tercipta begitu banyak gol (dia ngamatin ga ya, kalo kostum pemainnya juga ganti2? he..he..).
Sekarang ini addin ga cuma nonton liga Indonesia lho... mas juga nonton Liga Italia, PraKualifikasi World Cup etc. Biasanya jam 2 ato jam 4 pagi dia akan bangunin aku atau ayahnya minta ditemenin nonton. Selesai pertandingan kira-kira Shubuh, kalau lagi ga rewel dia langsung ikut ayahnya sholat, atau kalo enggak ya dia akan tidur lagi sampai nanti jam setengah 7 untuk siap-siap berangkat sekolah. Ngeluh karena ngantuk? Enggak tuh. Nggak pernah sekalipun. addin juga bangga banget kalo liat foto ayahnya lagi ngangkat trophy World Cup. Lho..kok bisa? He..he.. iya, ceritanya pas Piala Dunia 2006 kan ayahnya Addin lagi tugas belajar di Jerman, jadi punya kesempatan untuk nonton (dari Fanfest)beberapa pertandingan. Kebetulan sempat juga bikin beberapa foto dengan teknik montage yang memungkinkan suamiku tercinta itu untuk bergaya dalam kostum timnas Jerman sambil mengangkat si trophy itu tadi. Ya itu yang dikira Addin 'ayah hebat, di Jerman bisa menang tanding bola dan dapat piala!' ha..ha..
Sekarang ini aku punya satu hutang ke Addin: beliin kaos timnas Indonesia bernomor punggung 20 bertuliskan nama Bambang Pamungkas. Belum nemu tuh, kalo pemain luar sih banyak. siapa juga ada. apalagi yang terkenalnya 'kebangetan' macam Beckham, Ronaldinho, Messi, Ballack de el el. Tapi kalo pemain lokal biarpun sekelas Bepe, tetep aja susye...banget dicarinya. Sabar ya mas...

by : dian ween, ibunda aufa

kategori :

0 komentar:

Posting Komentar